Senin, 13 Maret 2017

Manajemen Layanan Sistem informasi bagi lingkungan di sekitar


Pengertian Setiap Kata Pada Manajemen Layanan Sistem Informasi
1. Manajemen adalah suatu seni dalam ilmu dan proses pengorganisasian seperti perencanaan,  pergerakan, dan pengendalian atau pengawasan. Manajemen berasal dari bahasa inggris yaitu "Manage" yang berarti, mengendalikan, mengurus, mengusahakan, memimpin dan mengelola. Sedangkan Pengertian Manajemen secara etimologis adalah seni mengatur  dan melaksanakan.
2. Layanan adalah sesuatu yang tidak gampang karena tiap pelanggan memiliki persepsi masing-masing mengenai nilai berdasarkan nilai-nilai (values) yang mereka anut serta kebutuhan mereka sendiri. Sedangkan Layanan Informasi adalah penyampaian berbagai informasi kepada sasaran layanan agar individu dapat menolah dan memanfaatkan sarana informasi itu demi kepentingan hidup dan perkembangannya.

3. Sistem Informasi adalah suatu sistem yang menyediakan informasi tentang manajemen dalam mengambil keputusan dan juga untuk menjalankan operasional perusahaan, di mana system itu merupakan hasil combine dari orang-orang, teknologi informasi dan prosedur-prosedur yang tergorganisasi. Suatu perusahan atau badan usaha biasanya menyediakan semacam informasi yang sangat penting dan berguna bagi manajemen. 
Sedangkan, pengertian SI (Sistem Informasi) menurut Henry Lucas adalah suatu kegiatan dari sebuah prosedur yang diorganisasikan, saat dieksekusi akan menyediakan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan pengendalian di dalam. 


Manfaat Manajemen Layanan Sistem Informasi.
1. Menambah kecepatan akses/ aksesibilitas data  tersaji tepat waktu dan akurat bagi para pemakai, tanpa adanya perantara sistem informasi.
2. Menjamin tersedianya keterampilan dan kualitas dalam memanfaatkan sistem informasi secara baik dan rinci.
3.  Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan untuk keterampilan pendukung sistem informasi.
4. Menetapkan sebuah investasi yang akan diarahkan kepada sistem informasi.


Peranan Manajemen Layanan Sistem Informasi
Sebelum membahas tentang Manajemen Layanan Sistem Informasi, alangkah baik nya kita mengetahui terlebih dahulu peranan Manajemen Layanan Sistem Informasi.
Peranan Manajemen layanan Sistem Informasi adalah adalah sistem perencanaan bagian dari suatu pengendalian internal suatu business yangg meliputi sekitar masalah pemanfaatan manusia, teknologi, prosedur dan dokumen, oleh akuntansi bidang manajemen untuk memecahkan masalah bisnis yang meliputi biaya untuk produk, layanan, atau strategi bisnis.
 Sistem informasi manajemen dibedakan dengan sistem informasi biasa dikarenakan SIM biasanya digunakan untuk menganalisa suatu  sistem informasi lain yang nanti nya akan diterapkan pada aktivitas operasional organisasi nya .

SIM (Sistem Informasi Manajemen) di ilustrasikan sebagai sebuah  piramida dimana lapisan dasarnya terdiri dari informasi, penjelasan transaksi,status, dan sebagainya. Lapisan selanjutnya terdiri dari sumber-sumber informasi seperti dalam mendukung operasi manajemen dalam kegiatan keseharian kita. Lapisan ketiga terdiri dari sumber daya sistem informasi berguna untuk membantu perencanaan yang taktis dan pengambilan keputusan untuk pengendalian manajemen. Lapisan puncaknya terdiri dari sumber daya informasi untuk sarana  mendukung perencanaan dan perumusan/penarikan  kebijakan oleh tingkat manajemen.

Link Sumber : Sumber 1 | Sumber 2

0 komentar:

Posting Komentar